PELATIHAN TANGGAP BENCANA DAN DAMKAR DI KAMPUNG TEGALKENONGO

Administrator 18 Desember 2018 09:42:58 WIB

Minggu, 16 Desember 2018.

Gerimis pagi yang cukup deras tidak menyurutkan animo masyarakat di kampung tegalkenongo untuk berbondong bondong berkumpul di lapangan bulutangkis di kampung tersebut.

Pada minggu pagi ini diadakan acara jalan sehat, senam masal dan juga pelatihan tanggap bencana serta pelatihan pemadam kebakaran oleh team FPRB SIAP Desa Tirtonirmolo.

Acara yang diprakarsai oleh KKN Alternatif 61 UAD Divisi V.D.1 bekerjasama dengan Persatuan Pemuda pemudi Tegalkenongo (P3T) serta Persatuan Remaja Islam Tegalkenongo (PRIT) ini

mendapat sambutan antusias dari masyarakat, Terbukti dengan banyaknya warga yang turut hadir di lokasi.

Dalam Pelatihan Kebencanaan serta damkar dipimpin langsung oleh ketua FPRB Tirtonirmolo Bp. Agung Wirotomo.

Dijelaskan saat musim hujan datang ada beberapa potensi kebencanaan yang ada diwilayah kita. diantaranya bencana Banjir, Angin kencang / puting beling Serta pohon tumbang.

oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk sadar bencana dan sadar lingkungan yang berpotensi bencana..Bp. agung juga mengharapkan seluruh warga untuk bisa saling mengingatkan dan mengamati lingkungan sekitar.

Sesi ke dua dari FPRB Tirtoirmolo diisi dengan praktek pemadaman kebakaran ringan. sesi ke dua ini di isi oleh Bp. Amin muntarji. Beliau adalah anggota damkar dari BPBD bantul sekaligus anggota FPRB Tirtonirmolo.

saat sesi praktek damkar ini warga masyarakat diberi bekal tentang cara nenadamkan kebakaran ringan seperti kebakaran pada tabung gas, selang gas atau kompor yang terbakar, dijelaskan oleh Bp.Amin apabila terjadi kebocoran gas maka 

langkah yang pertama adalah dengan membuka semua pintu dan ventilasi dirumah, kemudian lepas selang regulator pada tabung gas, saat tercium bau gas yang sangat menyengat dihimbau untuk tidak menyalakan lampu atau pemantik yang dapat memicu percikan api.. di ajarkan p[ula oleh tim FPRB Tirtonirmolo tentang cara memadamkan api dengan menggunakan selimut basah dan juga cara menggunakan tabung APAR (Alat Pemadam Api Ringan).dijelaskan pula bagi warga yang membutuhkan pertolongan untuk kebencanaan bisa menghubungi FPRB Tirtonirmolo Yang bermarkas di Kantor Desa Tirtonirmolo. Warga sangat seksama dalam pelatian ini..semoga Ilmu yang didapat bisa bermanfaat dan menjadi bekal dasar untuk Tanggap bencana.

 

Komentar atas PELATIHAN TANGGAP BENCANA DAN DAMKAR DI KAMPUNG TEGALKENONGO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License