Kondisi Umum Kalurahan Tirtonirmolo

Administrator 18 Juli 2024 09:10:03 WIB

Tirtonirmolo adalah sebuah Kalurahan yang berada di Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalurahan Tirtonirmolo secara letak geografis mempunyai wilayah yang datar, dan secara topografi berkarakteristik dataran rendah (flat).

Dataran Tirtonirmolo berada pada ketinggian 80 meter diatas permukaan laut, dengan banyaknya curah hujan rata-rata 11,658 mm/tahun, dan suhu udara rata-rata 24° C sampai dengan 32° C. Sesuai dengan kandungan nama “Tirtonirmolo” yang mempunyai arti daerah dengan tanah yang subur. Tanah yang subur disini selain dipengaruhi kepercayaan akan nama “Tirtonirmolo”, juga dipengaruhi tekstur tanahnya.

Daerah Bantul, yang lahan sawahnya termasuk jenis tanah regosol merupakan lahan yang memiliki produktivitas tinggi. Kalurahan Tirtonirmolo memiliki luas wilayah 513 Ha. Luas wilayah ini tetap dari dahulu berdirinya tahun 1946 sampai sekarang dengan status pemilikan tanah secara umum, yakni tanah Kalurahan dan tanah privat. Dalam hal ini, status tanah dalam pengertian pemanfaatan atau penggunaan dibagi menjadi tiga, yaitu sawah, tegal, dan pekarangan.

Sawah sangat penting di dalam hubungannnya dengan masyarakat Kalurahan Tirtonirmolo karena sebagian besar penduduk Kalurahan merupakan rumah tangga pertanian. Akan tetapi tidak seperti daerah-daerah Kabupaten Bantul bagian selatan, tegalan di Kalurahan Tirtonirmolo tidak mempunyai pengaruh yang besar dikarenakan luas tegal yang kecil. Walaupun tergolong memiliki sawah yang subur, namun tanpa ditunjang adanya irigasi yang baik, sawah tersebut tidak akan optimal di dalam fungsinya sebagai alat produksi.

1) Batas Wilayah

Sebelah Utara

Kalurahan Ngestiharjo

Kasihan

Sebelah Selatan

Kalurahan Pendowoharjo

Sewon

Sebelah Timur

Kalurahan Panggungharjo

Sewon

Sebelah Barat

Kalurahan Bangunjiwo dan Kalurahan Tamantirto

Kasihan

 

Topografis

Berdasarkan sumber yang diambil dari monografi Kalurahan Tirtonirmolo dapat diketahui bahwa dataran rendah di kelurahan atau Kalurahan Tirtonirmolo mencapai 513,00 Hektare sedangkan dataran tinggi yang ada di Kalurahan tersebut mencapai 513,00 Hektare. Jadi jika dilihat secara topografis antara dataran rendah dan dataran tinggi yang ada di Kalurahan Tirtonrimolo seimbang untuk keduanya.

Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License