Sejarah Kalurahan Tirtonirmolo

Administrator 18 Juli 2024 08:57:16 WIB

Tirtonirmolo adalah Kalurahan yang terletak di bagian selatan kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama "Tirtonirmolo" berasal dari bahasa Jawa, dengan "Tirto" yang berarti "air" dan "nirmolo" yang berarti "bebas dari penyakit". Dengan demikian, Tirtonirmolo dapat diartikan sebagai "air yang bebas dari segala penyakit".

Sebelum menjadi desa, wilayah ini terdiri dari tiga kelurahan lama: Kring Kelurahan Padokan Lama, Kring Kelurahan Bekelan, dan Kring Kelurahan Mrisi. Pada bulan Desember 1946, ketiga kelurahan ini digabung menjadi Desa Tirtonirmolo dengan kepala desa pertamanya, Bapak Burjo Ponco Sedewo. Kepemimpinan desa ini kemudian diteruskan oleh Bapak H.M. Marzuki B.A, diikuti oleh Bapak Marwan M.S yang menjabat hingga tahun 2023.

Kalurahan Tirtonirmolo terbagi menjadi 12 wilayah padukuhan, yaitu:

  1. Kalipakis
  2. Kersan
  3. Jeblog
  4. Plurugan
  5. Dongkelan Kauman
  6. Padokan Lor
  7. Jogonalan Lor
  8. Padokan Kidul
  9. Jogonalan Kidul
  10. Glondong
  11. Mrisi
  12. Beton

Desa ini tidak hanya kaya akan sejarah, tetapi juga memiliki karakter yang unik dan dinamis, mencerminkan semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakatnya.

Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License