Suwondo, Pelaku UMKM Tirtonirmolo, Bersinar di Kompetisi TTG 2024 dengan Alat Pelubang Plastik Kemas

Administrator 09 Juni 2024 01:23:35 WIB

Tirtonirmolo, 7 Juni 2024 - Semangat inovasi dan kreasi UMKM di Tirtonirmolo kembali berkobar dalam Kompetisi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2024 yang diadakan di Gedung Pertemuan 2 Manding pada hari Jumat, 7 Juni 2024. Pj. Lurah Tirtonirmolo Isti Wardayati SE. bersama Ulu-ulu Kalurahan Tirtonirmolo dengan bangga mendampingi Suwondo, Owner Tempe Sagu Abil, dalam memamerkan ide inovatifnya, yaitu Alat Pelubang Plastik Kemasan Tempe.

Alat sederhana namun tepat guna ini diciptakan untuk membantu para pelaku UMKM tempe dalam mencapai target produksi dengan lebih mudah dan efisien. Alat ini membantu membuat lubang pada plastik kemasan tempe secara rapi dan higienis, sehingga proses fermentasi ragi tempe menjadi lebih maksimal dan menghasilkan tempe yang berkualitas.

Keunggulan Alat Pelubang Plastik Kemasan Tempe:

  • Meningkatkan Efisiensi Produksi: Alat ini membantu mempercepat proses pembuatan lubang pada plastik kemasan tempe, sehingga menghemat waktu dan tenaga kerja.
  • Meningkatkan Kualitas Tempe: Lubang pada plastik kemasan memungkinkan sirkulasi udara yang optimal, sehingga proses fermentasi ragi tempe berjalan dengan lebih baik dan menghasilkan tempe yang lebih matang dan tidak mudah panas atau semangit.
  • Meningkatkan Kehigienisan: Penggunaan alat ini meminimalisir kontak langsung tangan dengan plastik kemasan, sehingga menjaga kebersihan dan higienitas proses pembuatan tempe.

Apresiasi dan Masukan dari Dewan Juri:

Dewan juri yang terdiri dari para ahli di bidang teknologi dan UMKM memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bp. Suwondo atas idenya yang kreatif dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM tempe. Mereka juga memberikan masukan agar Suwondo bersama Pj. Lurah Tirtonirmolo segera melakukan pendampingan terkait hak paten alat TTG tersebut.

Harapan untuk Masa Depan:

Dengan pendampingan yang diberikan, diharapkan Suwondo dapat mengurus hak paten untuk alat TTG-nya dan meningkatkan semangat inovasi dan kreasi dari pelaku UMKM lainnya di Tirtonirmolo. Hal ini sejalan dengan program UMKNAIKKELAS yang bertujuan untuk meningkatkan kelas UMKM di Indonesia.

Mari kita dukung para pelaku UMKM di Tirtonirmolo dan seluruh Indonesia untuk terus berinovasi dan berkarya dalam membangun ekonomi yang lebih maju dan sejahtera.

Komentar atas Suwondo, Pelaku UMKM Tirtonirmolo, Bersinar di Kompetisi TTG 2024 dengan Alat Pelubang Plastik Kemas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License