Gapoktan Tirtonirmolo Dorong Pertemuan Rutin dan Pengelolaan Pertanian yang Produktif

Administrator 03 Maret 2024 21:54:15 WIB

Tirtonirmolo, 29 Februari 2024, di Gubug Randu Gumbolo Mrisi, Ulu Ulu Tirtonirmolo turut serta dalam inisiasi dan partisipasi dalam pertemuan Gapoktan. Acara tersebut dihadiri oleh PPL Tirtonirmolo, Nurhayati, dan Pak Kis. Dalam sambutan narsum, disampaikan urgensi bagi Gapoktan untuk lebih aktif dalam menggelar pertemuan, melaporkan penggunaan Lembaga Keuangan Mikro (LKMA) melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT), serta mengelola pola tanam yang optimal untuk meningkatkan hasil pertanian.

Narsum membangkitkan semangat anggota Gapoktan untuk meningkatkan frekuensi pertemuan, mengingat pentingnya kolaborasi dan pertukaran informasi antar petani. Pertemuan tersebut menjadi platform yang efektif untuk mengevaluasi kinerja, merencanakan langkah kedepan, dan saling mendukung dalam mengatasi tantangan di bidang pertanian.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, disoroti juga pentingnya pelaporan penggunaan LKMA secara teratur melalui RAT tahunan. Hal ini bertujuan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi anggota Gapoktan.

Pengelolaan pola tanam yang baik juga menjadi fokus dalam diskusi. Narsum mendorong Gapoktan untuk mengadopsi praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan tanaman, dengan memperhatikan faktor-faktor seperti kondisi tanah dan iklim. Dengan demikian, diharapkan produktivitas hasil pertanian dapat meningkat secara signifikan.

Dengan adanya dukungan dan arahan dari narsum, diharapkan Gapoktan dapat menjadi lebih aktif dan efektif dalam menjalankan kegiatan pertaniannya. Semangat kolaborasi dan kerja sama yang kuat diharapkan dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam sektor pertanian Kalurahan Tirtonirmolo.NN

 
 
 
 
 

Komentar atas Gapoktan Tirtonirmolo Dorong Pertemuan Rutin dan Pengelolaan Pertanian yang Produktif

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License