Giat PSN Integritas Tirtonirmolo

Administrator 29 Juli 2023 00:08:28 WIB

Jogonalan Lor, 28 Juli 2023 - Pada pukul 07.30 hingga 09.40, diadakan kegiatan PSN (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Integritas di Balai RT 5 Jogonalan Lor. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak yang terkait, seperti Kasie Sosial Kasihan, Polsek, PLKB (Pos Pelayanan Keluarga Berencana), UPT Pendidikan, PKH (Program Keluarga Harapan), fasilitator sampah, Lurah Tirtonirmolo, Dukuh se Tirtonirmolo, Ketua TP PKK Tirtonirmolo, dan kader Jumantik se Jogonalan Lor.

Acara dimulai dengan sambutan dari tuan rumah, Dukuh Jogonalan Lor, yang menyambut semua peserta dan menjelaskan tujuan dari kegiatan ini. Dilanjutkan dengan arahan dari Kapanewon oleh Bu Iin, yang memberikan dukungan program kabupaten terkait pendidikan melalui PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), kesehatan melalui posyandu, pedukuhan layak anak, eliminasi sampah, dan penanggulangan stunting.

Perwakilan dari Polsek, Pak Sutrasno, memberikan pengarahan agar anak-anak tidak keluar rumah di malam hari hingga pukul 22.00 WIB, mengingat ada potensi menjadi korban atau pelaku tindak kejahatan.

Selanjutnya, perwakilan dari UPT Pendidikan memberikan informasi tentang profil pelajar Pancasila dan nilai kreativitas serta penerapannya dalam kurikulum merdeka. Mereka juga menekankan pentingnya mendukung anak-anak dalam kegiatan pendidikan dengan memastikan mereka bersekolah selama 5 hari dan pulang ke rumah hingga sore hari.

PLKB memberikan edukasi terkait kesehatan gizi dan pola asuh untuk ibu hamil dengan resiko tinggi, dalam upaya pencegahan stunting. Selain itu, pelayanan KB (Kelompok Bermain) bagi akseptor KB juga menjadi perhatian, dengan program MOP (Metode Operasi Pria), MOW (Metode Operasi Wanita), implan, dan IUD (Intrauterine Device) tetap berjalan tiap bulan.

Fasilitator sampah melaporkan bahwa masih ada permasalahan sampah di bantaran sungai Winongo, sementara Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan harus ditutup karena dampaknya terhadap sumur air warga dan polusi udara dalam radius 5 km.

Puskesmas Kasihan 2 menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan baik pada tubuh maupun lingkungan, karena maraknya jenis penyakit yang jika tidak diwaspadai dapat menimbulkan cacat atau bahkan kematian. Lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit.

Acara ditutup dengan doa oleh Lurah Tirtonirmolo sebagai bentuk harapan dan doa bersama untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Kegiatan PSN Integritas ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi seluruh warga di wilayah Jogonalan Lor dan memberikan dukungan dalam menjaga kebersihan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.HMN

Komentar atas Giat PSN Integritas Tirtonirmolo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License