Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu di Jogonalan Lor untuk Ibu Hamil dan Ibu Balita

Administrator 27 Juni 2023 10:50:38 WIB

Jogonalan Lor, 26 Juni 2023 - mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, diadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu termin kedua. Kegiatan ini diadakan di Balai RT 05 Jogonalan Lor dan lebih difokuskan pada ibu hamil dan ibu balita yang ada di wilayah Jogonalan Lor. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kamituwo Kalurahan Tirtonirmolo, M. Nur Amin, S. SHI, Dukuh Jogonalan Lor, kader Posyandu balita Jogonalan Lor, ibu hamil, ibu balita, serta narasumber dari Puskesmas Kasihan II, yaitu Nur Hidayah, B.A.

Pada kegiatan tersebut, difokuskan pada pentingnya peningkatan kualitas gizi untuk ibu hamil, balita, dan anak-anak, terutama selama 1000 hari pertama kehidupan. Nur Hidayah, B.A., sebagai narasumber dari Puskesmas Kasihan II, menjelaskan mengenai pentingnya asupan protein yang baik bagi ibu hamil, dengan menyebutkan bahwa ikan merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, ibu balita juga diharapkan untuk secara rutin mengikuti kegiatan Posyandu guna memantau perkembangan anak melalui grafik yang terdapat pada kartu Menuju Sehat.

Dalam kegiatan tersebut juga dibahas mengenai pengolahan daging yang baik, terutama menjelang perayaan Idul Adha. Tujuan dari pembahasan ini adalah agar protein dalam daging tetap terjaga dengan baik.

Selanjutnya, dilakukan sesi diskusi tanya jawab, dimana ibu hamil dan ibu balita dengan antusias mengajukan pertanyaan seputar pengolahan makanan agar anak tetap sehat, tidak rewel, memiliki nafsu makan yang baik, serta mengenai alergi yang biasa terjadi pada anak-anak.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu ini dilaksanakan dengan menggunakan anggaran PPBMP 2023 (Peningkatan Pelayanan Bidang Kesehatan Masyarakat Pedesaan) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas pelayanan kesehatan dalam masyarakat.

Diharapkan melalui kegiatan ini, kader Posyandu dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam memberikan informasi dan bantuan yang berkualitas kepada ibu hamil dan ibu balita. Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di wilayah Jogonalan Lor.FR

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu di Jogonalan Lor untuk Ibu Hamil dan Ibu Balita

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License