Waspada Angin Kencang Di Wilayah Tirtonirmolo

Administrator 31 Desember 2018 08:43:22 WIB

 

Bantul, 30 Desember 2018, Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bantul sejak siang hingga sore hari. Akibatnya sekitar 31 pohon tumbang di beberapa wilayah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

Ada 7 kecamatan yang terjadi pohon tumbang akibat angin kencang dan hujan deras, yakni Kecamatan Kasihan, Dlingo, Bantul, Pleret, Jetis, Piyungan dan Imogiri.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto membenarkan hal tersebut. Diungkapkannya, bahwa tumbangnya pohon-pohon tersebut karena hujan deras disertai angin kencang sejak tadi siang, Minggu (30/12/2018).

"Dari data yang masuk sampai saat ini tercatat ada 31 pohon yang tumbang. Untung pohon yang tumbang diameternya tidak terlalu besar, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tadi," katanya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (30/12/2018) malam.


Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa katanya, dampak dari tumbangnya pohon-pohon tersebut sempat menyebabkan beberapa akses jalan tertutup dan merusak jaringan listrik, jaringan telepon dan bangunan baik milik warga dan tempat umum.

"Yang menutup akses jalan ada 11 pohon, menimpa rumah warga ada 5 pohon tapi hanya rusak ringan, kalau yang menimpa jaringan listrik ada 3 (Pohon), kena jaringan telepon 2, satu kena masjid dan satu lagi menimpa sebuah tempat usaha," ujarnya.

"Semua sudah terkondisikan, tadi semua relawan dan TRC gerak cepat setelah ada informasi pohon tumbang di beberapa titik," imbuhnya.


Ia menghimbau pada masyarakat untuk lebih memperhatikan kondisi pohon di dekat rumahnya masing-masing. Kalau ternyata daun dan rantingnya sudah lebat bisa segera dipangkas," katanya.

"Selain itu puncak musim hujan terjadi bulan Januari sampai Februari. Jadi semua itu (Pemangkasan ranting dan dauh pohom yang lebat) sebagai antisipasi kita dan mencegah adanya korban jiwa karena pohon tumbang," pungkasnya.(detik.com)

Di wilayah Tirtonirmolo Kebagian 1 Pohon Tumbang di wilayah Menayu Kidul RT 08 Tirtonirmolo, pohon palem diameter kurang lebih 25cm menimpa emperan Rumah Bapak Agung mengakibatkan kerusakan ringan, dan sudah di tangani oleh Relawan FPRB SIAP.

Komentar atas Waspada Angin Kencang Di Wilayah Tirtonirmolo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License