Kegiatan Angkat Walet di Padukuhan X Glondong Berjalan Sukses, Petani Bergotong Royong Bersihkan Sal

Administrator 21 Oktober 2024 15:52:19 WIB

Sabtu, 12 Oktober 2024, pukul 07.30 hingga 11.00 WIB, Kelompok Tani Randhu Gumbolo 3 dari Padukuhan X Glondong sukses melaksanakan kegiatan Angkat Walet, yang difokuskan pada pembersihan ilalang dan walet di saluran irigasi primer dan sekunder di Bulak Mrisi Ratan Tengah. Sebanyak 20 orang petani turut serta dalam kegiatan gotong royong ini, dengan tujuan menjaga kelancaran aliran air irigasi untuk mendukung kegiatan pertanian di wilayah mereka.

Kegiatan ini melibatkan kerja sama antara Kelompok Tani Randhu Gumbolo 3 (Glondong-Nyemengan) dan Kelompok Tani Randhu Gumbolo 1 Mrisi, yang secara bahu-membahu membersihkan saluran irigasi dari hulu hingga hilir. Kerja sama antar kelompok tani ini sangat penting untuk memastikan seluruh saluran irigasi yang mengairi area pertanian dapat berfungsi dengan baik, terutama menjelang musim tanam.

Pembersihan ilalang dan walet di saluran irigasi ini merupakan bagian dari upaya rutin kelompok tani dalam menjaga keberlanjutan dan ketersediaan air bagi lahan pertanian. Aliran air yang lancar sangat berpengaruh terhadap produktivitas pertanian, terutama dalam memastikan bahwa tanaman mendapat pasokan air yang cukup. Dengan membersihkan ilalang dan walet yang menghalangi saluran, para petani berharap dapat memaksimalkan hasil panen di masa mendatang.

Kegiatan ini juga menjadi momen penting untuk memperkuat semangat gotong royong di antara para petani. Melalui kolaborasi dan kebersamaan, mereka mampu menyelesaikan tugas yang berat dengan lebih cepat dan efisien. Semangat kebersamaan ini diharapkan dapat terus terjaga, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan menjaga keberlanjutan sistem irigasi di Padukuhan X Glondong dan sekitarnya.

Dengan pelaksanaan yang sukses, kegiatan ini menegaskan pentingnya sinergi antar kelompok tani dalam mengelola sumber daya alam yang ada demi mendukung produktivitas pertanian secara berkelanjutan.RN

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License