Sosialisasi Program RTLH: Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Tirtonirmolo

Administrator 13 Mei 2024 23:09:09 WIB

Tirtonirmolo - Senin, 13 Mei 2024, menjadi saksi dilangsungkannya acara sosialisasi Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di gedung Griya Nirmala. Program ini diinisiasi sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Tirtonirmolo melalui pembangunan dan perbaikan rumah yang tidak layak huni. Acara ini dihadiri oleh sejumlah warga yang merupakan penerima manfaat, dukuh, TPK, Basmuskal dan Ketua RT Tirtonirmolo.

Program RTLH ditujukan untuk 12 rumah tangga penerima bantuan yang tersebar di 12 pedukuhan di Kalurahan Tirtonirmolo, kecuali Padokan Kidul, yang telah terverifikasi memenuhi syarat untuk menjadi penerima RTLH. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah lokasi rumah yang memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM), terdaftar dalam Daftar Penerima Bantuan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), serta merupakan warga Tirtonirmolo yang terbukti dengan dokumen administrasi yang sah.

Dana yang dialokasikan berasal dari Anggaran Dana Desa, didukung pula dengan stimulan dari Pendapatan Asli Kalurahan. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli material senilai 10 juta Rupiah serta 2,5 juta Rupiah untuk mempekerjakan tukang yang ahli dalam bidangnya.

Adapun target dari pembangunan RTLH ini sangat jelas, yaitu melakukan perbaikan struktur bangunan, rehabilitasi atap, lantainisasi, peningkatan kualitas dinding, serta pembangunan fasilitas sanitasi seperti MCK (Mandi, Cuci, Kakus), dan septik tank. Dengan adanya program ini, diharapkan rumah-rumah tersebut akan menjadi tempat tinggal yang lebih layak bagi penghuninya.

Partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat Tirtonirmolo sangatlah penting dalam keberhasilan pelaksanaan program ini. Kita semua diajak untuk bersatu padu dan bahu-membahu dalam mewujudkan program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas bangunan ini.

Demi masa depan yang lebih baik bagi Tirtonirmolo, mari kita berkomitmen untuk mendukung dan melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya. semoga program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Tirtonirmolo. AW

Komentar atas Sosialisasi Program RTLH: Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Tirtonirmolo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License