Kerja Bakti Massal di Makam Umum Menyambut Nyadran dan Persiapan Tahlil

Administrator 27 Februari 2024 23:23:39 WIB

Tirtonirmolo, 25 Februari 2024 - Pada hari Ahad Pahing, tanggal 25 Februari 2024, mulai pukul 07.30 hingga selesai, sebuah acara kerja bakti massal diadakan di Makam Umum sebagai bagian dari persiapan menyambut Nyadran dan malam Tahlil yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2024 mendatang. Kegiatan ini diinisiasi oleh pengurus Makam Umum Karno Asmoro Jogonalan, yang melibatkan ahli waris, dan kru ruwat.

Kerja bakti massal ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sekali setahun untuk menjaga tradisi adat dan budaya yang telah diwariskan turun temurun. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memberikan penghormatan kepada leluhur yang dimakamkan di Makam Umum Jogonalan serta untuk membersihkan dan merawat lingkungan makam agar tetap terjaga dengan baik.

Seluruh warga masyarakat Jogonalan, baik dari Jogonalan Kidul maupun Jogonalan Lor, turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka bersama-sama membersihkan dan merapikan area sekitar makam, membersihkan dan menghias makam, serta melakukan persiapan lainnya untuk acara Nyadran dan malam Tahlil.

Diharapkan melalui kerja bakti ini, semangat gotong royong dan kebersamaan antarwarga dapat semakin terjaga dan terpelihara. Selain itu, dengan mempertahankan tradisi Nyadran dan malam Tahlil, nilai-nilai kearifan lokal dan kecintaan terhadap leluhur dapat terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang. Semoga acara Nyadran dan malam Tahlil berjalan lancar dan memberikan berkah bagi seluruh masyarakat Jogonalan.FR

Komentar atas Kerja Bakti Massal di Makam Umum Menyambut Nyadran dan Persiapan Tahlil

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License