Pelatihan Pembuatan Abon Lele Tingkatkan Kreativitas dan Ekonomi di Padukuhan Plurugan

Administrator 27 Februari 2024 23:19:35 WIB

Bantul, 24 Februari 2024 - "Bale Kenanga Reja" Tegalkenongo RT 02 menjadi saksi dari keseriusan 30 orang Pengurus dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga 08 Padukuhan Plurugan dalam mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan abon lele. Kegiatan ini diinisiasi dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah terhadap ikan lele berukuran besar yang umumnya kurang diminati jika hanya diolah secara biasa.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya dalam memanfaatkan potensi lokal serta menjadikan sumber daya alam yang ada menjadi produk bernilai ekonomi. Ikan lele yang berukuran besar, biasanya tidak diminati oleh masyarakat jika hanya diolah sebagai ikan konsumsi biasa. Namun, melalui pelatihan pembuatan abon lele, diharapkan dapat diciptakan produk olahan baru yang memiliki nilai jual tinggi.

Dana untuk pelaksanaan kegiatan ini berasal dari Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) Dana Desa (DD), sebagai bagian dari upaya pemerintah desa dalam mempromosikan ketahanan pangan dan pemanfaatan sumber daya lokal.

Dalam pelatihan ini, hadir sebagai narasumber Nurhayati dan Budi Astuti dari Badan Pemberdayaan Perempuan (BPP) Kapanewon Kasihan, yang memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan abon lele. Turut hadir juga Ulu-ulu Tirtonirmolo Wihandari Ismuninggar, S.Pt., serta Pengurus dan Anggota KWT, dan Dukuh Plurugan sebagai pendukung dan fasilitator kegiatan.

Harapan dari kegiatan ini adalah agar ilmu yang diperoleh dari pelatihan dapat diterapkan dengan baik oleh Pengurus dan Anggota KWT. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan ekonomi mereka, serta memberikan manfaat yang luas bagi warga sekitar pada umumnya. Semoga pelatihan ini menjadi langkah awal yang berarti dalam pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat di Padukuhan Plurugan.TW

Komentar atas Pelatihan Pembuatan Abon Lele Tingkatkan Kreativitas dan Ekonomi di Padukuhan Plurugan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License