Suksesnya Pertemuan Tribina Kampung KB Glondong: Pembentukan UPPKA Boga Cempaka dan Evaluasi Kegiata

Administrator 27 Februari 2024 23:11:42 WIB

Glondong, 23 Februari 2024 - Pertemuan Tribina Kampung KB Glondong yang diadakan pada hari Jumat, 23 Februari 2024, di Rumah Dukuh X Glondong, berlangsung dengan lancar dan sukses. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Pembina Kampung KB Glondong, Bapak Hassanudin Masykur Noviartono, para Kader, Ketua PKK RT, dan Dukuh X Glondong. Evaluasi kegiatan Tribina menghasilkan berbagai temuan yang menjadi landasan untuk peningkatan kualitas program Kampung KB Glondong ke depan.

Poin-poin penting dari hasil evaluasi tersebut adalah sebagai berikut:

a. Pelaksanaan BKB dan BKL:

  • Alhamdulillah, pelaksanaan BKB di setiap Posyandu dengan menggunakan media Kartu Kesehatan Anak (KKA) di Posyandu Sub Cempaka 2 telah berjalan rutin. Pengadaan KKA Balita dilakukan secara swadaya oleh warga Niten.
  • Untuk BKL di Posyandu Cempaka 1, telah terlaksana dengan menggunakan Buku Kesehatan Lansia yang dibeli secara swadaya. Namun, untuk Posyandu Cempaka 2 dan Sub Cempaka 2, BKL belum berjalan lancar. Resolusi ke depan adalah melakukan penyuluhan kepada masyarakat Lansia dengan materi dari Buku Kesehatan Lansia yang diperoleh dari Puskesmas Kasihan 2.

b. Peran BKR:

  • Saran dari Bapak Tono sebagai narasumber BKR adalah membawakan materi BKR pada saat Tausiyah bagi umat Muslim, dan PIA bagi umat Katholik/Kristiani. Dengan demikian, pendampingan dalam keluarga remaja dapat lebih terencana dan terlaksana dengan baik.

Pembentukan UPPKA Boga Cempaka:

  • Dalam pertemuan ini, juga terlaksana pembentukan UPPKA Boga Cempaka dengan membentuk dua divisi kegiatan, yaitu Bakery (kue, roti) dan Makanan Olahan (nugget, jajan pasar, aneka sayur, dan makanan kukus).
  • Susunan pengurus UPPKA Boga Cempaka telah ditetapkan, yang dipimpin oleh Ibu Wahyu sebagai Ketua 1, Ibu Sumarsih sebagai Ketua 2, dan Ibu Sunarwanti sebagai Ketua 3. Sementara itu, pengelolaan keuangan dipegang oleh Ibu Rina, Ibu Anis, dan Ibu Yanti sebagai bendahara, serta Ibu Marwiyati dan Ibu Kusmiyati sebagai sekretaris. Sumartinah ditunjuk sebagai Koordinator Alat Masak.
  • Dengan terbentuknya UPPKA Boga Cempaka, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas memasak dan memupuk jiwa kewirausahaan dari setiap anggotanya.

Kolaborasi dengan Bumkal Tirtonirmolo:

  • UPPKA Boga Cempaka akan aktif berpartisipasi dalam Bazar UMKM yang diadakan setiap Minggu ketiga setiap bulannya, dengan kerjasama bersama Bumkal Tirtonirmolo.

Dengan adanya pembentukan UPPKA Boga Cempaka, Padukuhan Glondong kini memiliki dua kelompok kegiatan Ibu berdaya, yang akan menjadi pilar utama dalam memajukan potensi ekonomi dan sosial masyarakat setempat. Semoga dengan kerja sama yang baik, kedua kelompok ini dapat memberikan dampak yang positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Glondong.RN

 
 
 
 

Komentar atas Suksesnya Pertemuan Tribina Kampung KB Glondong: Pembentukan UPPKA Boga Cempaka dan Evaluasi Kegiata

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License