Kerjabakti Massal Bersihkan Sampah, Warga Tirtonirmolo Tingkatkan Kebersihan Irigasi

Administrator 15 Januari 2024 09:34:21 WIB

Tirtonirmolo, 24 Desember 2023 - Warga padukuhan Jogonalan Lor, Jogonalan Kidul, dan Glondong turut serta dalam kerjabakti massal untuk membersihkan sampah di saluran irigasi yang melintas di wilayah mereka. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari mediasi penanganan sumbatan sampah di saluran irigasi yang dilakukan sebelumnya.

Dari padukuhan Glondong, warga RT 03, RT 02, dan RT 01 bersatu padu dengan warga Beran RT 08 Jogonalan Kidul. Mereka berfokus pada pembersihan sampah dan pengangkatan material tidak terpakai di dua titik kritis. Lokasi tersebut adalah perbatasan RT 01 Glondong dan RT 08 Beran, serta di Saluran Bulak Mancasan. Pada hari ini, warga RT 08 Beran juga aktif memasang grilling di sebelah utara saluran air, sebagai upaya pencegahan sumbatan di masa mendatang.

Di sisi lain, warga Jogonalan Lor memfokuskan kegiatan membersihkan sampah dan rumput liar di saluran air RT 01 hingga RT 02. Sedangkan untuk wilayah Jogonalan Kidul, RT 06 dan RT 07, kerjabakti direncanakan akan dilakukan pada Minggu, 31 Desember 2023.

Kerjabakti massal ini tidak hanya diinisiasi sebagai tanggapan terhadap sumbatan sampah, tetapi juga sebagai langkah proaktif untuk meningkatkan kebersihan saluran irigasi yang menjadi aset penting dalam sistem pertanian masyarakat Tirtonirmolo. Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan tercermin melalui partisipasi aktif warga dalam upaya menjaga keberlanjutan irigasi yang berperan besar dalam pertanian lokal.

Dengan adanya kerjabakti massal ini, diharapkan saluran irigasi dapat terus berfungsi dengan optimal, memastikan aliran air yang bersih, dan mencegah terjadinya sumbatan yang dapat mengganggu produktivitas pertanian masyarakat.(Rn)

Komentar atas Kerjabakti Massal Bersihkan Sampah, Warga Tirtonirmolo Tingkatkan Kebersihan Irigasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License