Upaya Bersama Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat di Kalurahan Tirtonirmolo

Administrator 05 Desember 2023 00:18:20 WIB

Tirtonirmolo, Jumat, 1 Desember 2023, Tim Saber Sampah Kalurahan Tirtonirmolo bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan evakuasi sampah di sekitar Jalan Bugisan Selatan. Tindakan ini menjadi respons cepat terhadap maraknya pembuangan sampah liar di tiga titik besar yang diidentifikasi sebagai lokasi pembuangan sampah liar yang meresahkan.

Meskipun sudah menjadi kegiatan evakuasi keempat kalinya, upaya tersebut tetap dihadapi dengan tantangan berulang. Oknum warga yang tidak bertanggung jawab terus melakukan pembuangan sampah di tempat-tempat tersebut, meskipun pemerintah Kalurahan Tirtonirmolo telah melakukan berbagai upaya pencegahan, seperti pemasangan himbauan dan patroli sampah bersama warga pedukuhan setempat.

Walau berhasil menangkap 9 pelaku pembuangan sampah liar sebelumnya, upaya pembinaan yang dilakukan belum sepenuhnya memberikan efek jera. Ulu Ulu Tirtonirmolo Wihandari Ismuninggar S.Pt, menyampaikan keterbatasan dalam pengawasan lokasi tersebut secara terus-menerus. "Meskipun demikian, kegiatan ini harus tetap dilaksanakan untuk menjaga kesehatan dan keindahan lingkungan," ujarnya.

Dalam kegiatan evakuasi pagi ini, berhasil dievakuasi kurang lebih 2 ton sampah liar. Lurah Tirtonirmolo, HM. Marwan MS. SH., menghimbau seluruh masyarakat untuk mengelola sampah domestik dengan baik guna mencegah pembuangan sampah sembarangan di masa mendatang. Harapannya, upaya ini dapat memotivasi masyarakat untuk lebih bertanggung jawab dalam mengelola sampah dan menciptakan kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di Kalurahan Tirtonirmolo.AW

Komentar atas Upaya Bersama Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat di Kalurahan Tirtonirmolo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License