Program PSN Terpadu Kasihan: Menyatu dengan Masyarakat untuk Kesehatan Bersama

Administrator 05 Desember 2023 00:13:04 WIB

Kasihan, Jumat, 1 Desember 2023, menjadi momentum berharga dengan diadakannya Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Pemberantasan Sarang Nyamuk Terpadu) di Padukuhan V Dongkelan, Kapanewon Kasihan. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Bapak Panewu beserta jajaran, Polsek, Koramil, Tim Puskesmas, TKJK, Lurah, Kamituwo, Ibu Dukuh, dan Pemegang PKK Kalurahan.

PSN Terpadu di Padukuhan V Dongkelan mendapat apresiasi tinggi karena memberikan banyak manfaat, bahkan diakui sebagai Program Unggulan dalam penilaian Akreditasi Puskesmas Kasihan 2. Kegiatan ini merupakan wujud nyata silaturahmi, informasi, komunikasi, dan berbagi antara pemerintah dan masyarakat.

Bapak Lurah dan Bapak Kamituwo bersama-sama dengan para pihak terkait turun langsung ke masyarakat untuk menyapa dan memberikan pelayanan kesehatan. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam PSN Terpadu meliputi Sidak Jumantik di RT setempat, Promosi Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kunjungan untuk ibu hamil, pemantauan balita dengan gizi buruk, dan pemantauan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Hasil rekapitulasi Angka Bebas Jentik (ABJ) dari 11 RT mencapai 96,9%, mencerminkan tingginya partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Program ini tidak hanya memberikan dampak positif terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga menjadi sarana penting untuk mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

"Salam sehat, semoga manfaat dan berkah selalu menyertai setiap langkah kita dalam menjaga kesehatan dan kebersihan bersama," ucap salah satu peserta kegiatan.DW

 
 
 

Komentar atas Program PSN Terpadu Kasihan: Menyatu dengan Masyarakat untuk Kesehatan Bersama

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License