Sodaqoh Sampah di RT 04 Padokan Kidul: Aksi Nyata Peduli Lingkungan dan Silaturahmi

Administrator 27 November 2023 20:01:11 WIB

Minggu, tanggal 26 November 2023, warga RT 004 Padokan Kidul berpartisipasi dalam kegiatan sodaqoh sampah yang diikuti oleh 10 orang ibu dan 2 warga dari RT 04 Padokan Kidul. Kegiatan ini diinisiasi untuk menjalani silaturahmi antarwarga sekaligus mengurangi volume sampah rumah tangga di wilayah tersebut. Pak Agus, selaku fasilitator sampah dari Kapanewon Kasihan, turut hadir memberikan contoh cara memilah sampah dan cara pengepakan sampah yang dapat dijual.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain:

  1. Menjalani Silaturahmi Antar Warga RT 04: Kegiatan sodaqoh sampah menjadi momen akrabnya hubungan antarwarga, menciptakan kedekatan dan kebersamaan dalam berbagai aktivitas sosial.

  2. Mengurangi Volume Sampah Rumah Tangga: Dengan memilah sampah dan memanfaatkannya secara bijak, diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke lingkungan.

  3. Mencegah Pembuangan Sampah di Wilayah RT 04 Padokan Kidul: Dengan memilah sampah dan mengolahnya dengan baik, diharapkan tidak ada lagi pembuangan sampah sembarangan di wilayah RT 04 Padokan Kidul.Agus sebagai fasilitator sampah memberikan saran agar sampah dapat dikelompokkan menjadi 4 kategori, yaitu:

  1. Kertas
  2. Botol Plastik, Botol Kaca
  3. Logam dan Kaleng
  4. Tas Kresek, Plastik Bekas yang Sudah Bersih

Pentingnya membersihkan sampah sebelumnya, seperti botol plastik yang masih berisi air, akan memudahkan dalam proses pemilahan sampah. Saat pengambilan sampah, Pak Agus akan hadir untuk membantu secara teknis. Diusahakan agar dalam sehari sampah sudah selesai dipilah dan diambil oleh pengepul, sehingga tidak ada timbunan sampah baru.

Dengan kegiatan ini, diharapkan warga RT 004 Padokan Kidul dapat menjadi contoh positif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekaligus merajut tali silaturahmi yang erat di antara sesama warga.Wsn

Komentar atas Sodaqoh Sampah di RT 04 Padokan Kidul: Aksi Nyata Peduli Lingkungan dan Silaturahmi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License