Buka Giling Pabrik Gula Madukismo 2018

Administrator 09 April 2018 14:25:45 WIB

Pabrik Gula Madukismo di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2018 merencanakan menggiling tebu sebanyak 503.880 ton untuk memproduksi gula.

"Jumlah tebu yang akan digiling diperkirakan sebanyak 503.880 ton yang berasal dari tebu rakyat kemitraan maupun tebu rakyat mandiri," kata Direktur PT Madu Pabrik Gula PS Madukismo Yogyakarta Rahmad Edy Cahyono disela acara Kirab Tebu Manten di pabrik ini, Jumat.

Menurut dia, tebu yang akan digiling tersebut berasal dari 10 kabupaten di seluruh DIY dan Jawa Tengah yaitu Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul (DIY), dan Magelang, Temanggung, Purworejo, Kebumen, Sragen dan Purbalingga.

Direktur PT Madu Pabrik Gula Madukismo mengatakan, total lahan tebu di 10 kabupaten DIY dan Jateng tersebut seluas 7.559 hektare.

Menurut dia, PG Madukismo Yogyakarta yang merupakan satu-satunya pabrik gula di DIY ini akan memulai giling tebu pada Kamis Legi (26/4) dan diharapkan selesai pada akhir Oktober 2018.

"Proses giling akan berjalan selama kurang lebih 173 hari dengan kapasitas giling harian rata-rata sebanyak 3.500 ton tebu," kata Rahmad Edy Cahyono.

Ia menjelaskan, dengan perkiraan rendemen sebesar 7,3 persen, maka jumlah gula yang dihasilkan diperkirakan sebanyak 37.000 ton, disamping itu akan mengolah gula mentah sebanyak 50.000 ton yang diperkirakan menjadi gula pasir 46.000 ton.

"Di mana gula seluruh produksi ini akan dialokasikan untuk mencukupi kebutuhan gula konsumsi langsung masyarakat DIY dan Jateng selatan yang diperkirakan sebesar 136.000 ton per tahun," katanya.

Adapun filosofi Manten Tebu yaitu mengawinkan tebu laki-laki (Kyai Sukro) dan perempuan (Nyai Manis). Manten tebu ini dikirab di seputaran kawasan pabrik dan dipertontonkan kepada masyarakat setempat.

"Ini diharapkan akan memberikan keturunan yang berupa tanaman tebu yang banyak dan berkualitas, oleh karena itu tebu manten ini menjadi tebu pertama (cucuk lampah) bagi tebu-tebu yang akan digiling pada 2018," katanya.
 
Bantul (Antaranews Jogja)
Pewarta : Heri Sidik
Editor: Agus Priyanto 
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar atas Buka Giling Pabrik Gula Madukismo 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License