Rapat Koordinasi Status Tanggap Darurat Pengelolaan Sampah

Administrator 29 Juli 2023 00:04:08 WIB

Bantul, 28 Juli 2023 - Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar rapat koordinasi yang dihadiri oleh perwakilan kalurahan, Wihandari Ismuninggar Ulu Ulu Tirtonirmolo hadir mewakili Lurah, untuk membahas Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 333 Tahun 2023 tentang status tanggap darurat pengelolaan sampah. Arahan Bupati Bantul dalam SK tersebut membahas langkah-langkah mengatasi masalah jumlah sampah mencapai 130 ton per hari di Bantul, khususnya terkait dengan pemilahan sampah dari sumber sampai ke budaya pemilahan yang belum optimal.

Dalam rapat tersebut, Bupati Bantul menyoroti pembuatan jugangan untuk sampah organik yang sifatnya sementara karena hasil studi lingkungan menunjukkan dampaknya belum baik. Oleh karena itu, fokus anggaran Penyusunan Penataan dan Pengelolaan Menyeluruh Berbasis Masyarakat dan Pemerintah (PPBMP) ditujukan untuk pengelolaan sampah, namun tetap memerlukan kekompakan dan semangat jihad lingkungan dari seluruh pihak terkait.

Para peserta rapat diharapkan agar kalurahan dan pedukuhan dapat mengoptimalkan pemilahan sampah. Dana dari BKK PPBMP akan difokuskan untuk menangani masa darurat pengelolaan sampah dan akan dikoordinasikan lebih lanjut oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (Dinas PMK).

Wakil Bupati juga mengarahkan untuk mengidentifikasi titik-titik penghasil sampah terbesar di setiap kalurahan. Dengan memperhatikan banyaknya perumahan dan perkantoran, gugus tugas penanganan sampah akan difokuskan pada wilayah-wilayah tersebut. Pada tahun 2023, BKK PPBMP akan lebih dititikberatkan pada penanganan sampah dan kalurahan yang sudah berhasil dalam pengelolaan sampahnya diharapkan untuk berkolaborasi dengan kalurahan lain dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Selain itu, rapat juga menyoroti pentingnya meminimalisir sampah di tingkat RT, termasuk dalam pertemuan-pertemuan di pedukuhan. Pertemuan di pedukuhan harus menghindari menyediakan makanan atau menu yang berpotensi menghasilkan sampah, sehingga dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.

Dalam rapat koordinasi ini, semua pihak diharapkan dapat bersinergi dan bekerjasama dengan baik dalam upaya mengatasi masalah pengelolaan sampah di Kabupaten Bantul. Dengan kerja sama yang kuat dan semangat untuk menjaga lingkungan, diharapkan masalah pengelolaan sampah dapat diatasi dengan efektif dan berkelanjutan.NN

Komentar atas Rapat Koordinasi Status Tanggap Darurat Pengelolaan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License