Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Pedukuhan Plurugan

Administrator 23 Juni 2023 00:33:11 WIB

Tirtonirmolo, Rabu, 21 Juni 2023, di Bale Kenanga Reja Rumah Dukuh Plurugan Tri Wiyana, telah dilaksanakan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga. Kegiatan Bersumber dari program Bantuan Keuangan Khusus PPBMP Pedukuhan 2023 dengan menghadirkan pemateri nasional, Ananto Isworo, founder dari Gerakan Sodakoh Sampah.

Dalam kegiatan tersebut, pemateri, Ananto Isworo, memberikan materi tentang pengolahan sampah rumah tangga, yang dimulai sejak sampah berada di rumah. Ananto Isworo menekankan pentingnya setiap individu bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan. Ia juga menyampaikan paradigma bahwa sampah juga dapat menjadi sumber berkah bagi keluarga dan umat secara umum.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Tirtonirmolo juga memberikan bantuan berupa tempat sampah berupa tong sampah kepada masyarakat Pedukuhan Plurugan. Hal ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan sampah yang lebih baik di lingkungan sekitar. Lurah Tirtonirmolo juga mengingatkan bahwa pengelolaan sampah sebaiknya dilakukan sejak sampah masih berada di dalam rumah dan dapat memberikan nilai tambah dari sampah tersebut.

Pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat Dukuh Plurugan dalam mengelola sampah dengan lebih efektif dan berkelanjutan. Dengan memandang sampah sebagai sumber potensial untuk memberikan manfaat dan berkah, diharapkan akan terjadi perubahan paradigma dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan sampah yang baik.

dari Lurah Tirtonirmolo dalam bentuk bantuan tempat sampah, merupakan langkah nyata dalam mendorong masyarakat untuk mengambil peran aktif dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Dengan demikian, diharapkan tercipta lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan di Dukuh Plurugan. AW

Komentar atas Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Pedukuhan Plurugan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License