BIMTEK pemutakhiran Data Sustainable Development Goals (SDG.s)

Administrator 08 Juni 2023 11:25:16 WIB

Tirtonirmolo, Selasa (6 Juni 2023) - Pada pukul 20.00, di Gedung Griyo Nirmolo, telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran Data Sustainable Development Goals SDG's untuk penyusunan Rencana Kerja Kalurahan RKPKal tahun 2024. Acara ini dihadiri oleh Lurah, Dukuh, Ketua Badan Musyawarah Kalurahan BamusKal, Pendamping Kalurahan, Kawat Praja, dan 102 Ketua RT di Kalurahan Tirtonirmolo. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Slamet, yang merupakan Tim Ahli dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA P3MD) Bantul.

Pemutakhiran data dilaksanakan sebagai langkah awal untuk memperoleh kondisi yang terkini di seluruh wilayah RT di Kalurahan. Dari total 102 RT, baru 69 RT yang telah mengisi formulir tingkat RT melalui dashboard SDG's Kemendes. Dengan adanya bimtek ini, diharapkan pengisian formulir tingkat RT dapat mencapai 100% penyelesaiannya. Namun, terdapat kurang lebih 4000 jiwa data individu yang masih belum terisi. Pengisian data SDG's tahun ini dilakukan secara manual, dan input data ke dalam dashboard akan dilakukan oleh E-numerator tingkat Kalurahan bersama dengan pendamping Kalurahan, Dirga.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kalurahan Tirtonirmolo dalam mendukung dan mengikuti program pembangunan berkelanjutan yang diarahkan oleh SDG's. Data yang akurat dan terbaru sangat penting dalam menyusun rencana kerja Kalurahan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi setiap wilayah. Dengan pemutakhiran data yang komprehensif, diharapkan RKPKal tahun 2024 dapat disusun dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Lurah Tirtonirmolo menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dalam bimtek ini dan berharap agar para Ketua RT dapat berperan aktif dalam mengumpulkan dan memperbarui data yang diperlukan. Sinergi antara pemerintah Kalurahan, masyarakat, dan berbagai stakeholder terkait diharapkan dapat terus ditingkatkan guna mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan mensejahterakan seluruh warga Kalurahan Tirtonirmolo. SR

Komentar atas BIMTEK pemutakhiran Data Sustainable Development Goals (SDG.s)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License