KKB Glondong Menyelenggarakan Pertemuan untuk Meningkatkan Pelayanan Posyandu

Administrator 08 Juni 2023 09:58:28 WIB

 

Tirtonirmolo,  Jumat (26/05/2023) - Kepala Kelompok Kerja Bersama (KKB) Glondong mengadakan pertemuan penting yang dihadiri oleh para pengurus KKB Glondong, Kamituwo Kalurahan Tirtonirmolo selaku Pembina KKB Glondong, Ketua RT, Ketua PKK RT, Kader Posyandu Lansia, dan Kader Posyandu Balita. Pertemuan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Niten mulai pukul 16.00 hingga 17.30 WIB.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa keputusan penting telah ditetapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Posyandu Glondong. Salah satu keputusan tersebut adalah pembentukan Kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan Kader Bina Keluarga Lansia (BKL). Kader-kader ini bertugas mengkoordinasikan program-program kesehatan dan memberikan edukasi kepada keluarga balita dan lansia.

Teknis pelaksanaan BKB di Posyandu Cempaka Glondong telah ditentukan. Salah satu langkah yang diambil adalah menambah satu meja pada saat Posyandu Balita untuk Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Di meja ini, akan dilakukan pengisian Kartu Kembang Anak (KKA) dari BKKBN, pengukuran kemampuan motorik halus dan kasar, serta gerak sensorik balita. Selain itu, administrasi seperti absensi peserta KKA dan notulen juga akan diatur secara terpisah untuk memastikan kelancaran proses pelaksanaan.

Sementara itu, untuk pelaksanaan BKL, akan dilakukan konseling psikologi pada lansia. Langkah ini dapat dilaksanakan dengan menambah satu meja pada saat Posyandu Lansia sebagai tempat konseling. Lansia akan diberikan kesempatan untuk bercurhat atau mengungkapkan perasaan mereka. Selain itu, tausiyah atau penyuluhan hidup sehat juga dapat dilakukan pada awal kegiatan atau sebelum dilaksanakan senam. Administrasi yang terkait, seperti absensi peserta konseling dan notulen/catatan selama konseling, juga akan ditangani secara terpisah.

Pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu Glondong, terutama dalam hal pemantauan tumbuh kembang anak dan konseling bagi lansia. Dengan adanya kader-kader yang berdedikasi, diharapkan masyarakat Glondong dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik dan informasi yang bermanfaat untuk keluarga mereka.AW

Komentar atas KKB Glondong Menyelenggarakan Pertemuan untuk Meningkatkan Pelayanan Posyandu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License