Evaluasi P2-WKSS Desa Tirtonirmolo

01 Februari 2017 15:32:26 WIB

Tim Penilai Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat DIY Tahun 2017 menyambangi Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Kedatangan tim tersebut disambut Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono di Balai Desa Tirtonirmolo, Rabu (17/10).

Menurut Ketua Tim Penilai P2WKSS DIY, Nelly Tristiana, S.Kep, tujuan dari program pelaksanaan terpadu P2WKSS merupakan sebuah gerakan bersama, antara pemerintah dan masyarakat yang diyakini mampu meningkatkan kualitas kehidupan keluarga.

"Tadi ada sebuah lagu yang diciptakan oleh Bupati Bantul, ternyata saya mencermati disetiap kalimatnya itu semua terangkum dalam kegiatan P2WKSS. Bagaimana menggerakan pendidikan, kesehatan, sosial budaya termasuk nguri- nguri kebudayaan. Didalam lagu tersebut tercermin indikator-indikator yang akan kita nilai dalam kegiatan P2WKSS ini", ujarnya.

"Pelaksanaan program P2WKSS dimulai dari program dasar, program lanjutan dan program pendukung. Pemilihan Desa Tirtonirmolo ini, untuk dievaluasi bukan terjadi secara tiba-tiba, tetapi sudah sejak 3 tahun yang lalu ditetapkan oleh Kabupaten Bantul, bahwa Desa Tirtonirmolo adalah sebagai lokasi untuk kegiatan P2WKSS. Kegiatan ini telah terbukti meningkatkan kesehatan perempuan, pendidikan perempuan, usaha ekonomi produktif, partisipasi dalam pelestarian lingkungan hidup, keterlibatan perempuan dalam kelembagaan sosial masyarakat, keterlibatan dalam proses pengambilan keputusan, sehingga saat ini perempuan telah menjadi pelaku aktif dalam pembangunan." katanya.

Sementara sambutan Bupati Bantul mengatakan, "Kesuksesan program P2WKSS di Kabupaten Bantul tidak hanya semata-mata untuk mengejar pencapaian prestasi bagi Bantul, tetapi lebih jauh program ini memiliki peranan untuk mendukung upaya-upaya pemberdayaan perempuan terutama yang masuk dalam kriteria keluarga tidak mampu. Oleh karena itu kami menaruh harapan agar acara penilaian menjadi momentum untuk membangkitkan semangat dan kontribusi kaum perempuan ditingkat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bantul."

"P2WKSS ini kedepan harus semakin dinamis, sehingga tidak hanya menjadi program tahunan yang bersifat rutinitas saja, melainkan dapat dinikmati seluruh masyarakat khususnya kaum wanita dan keluargannya. Melalui realisasi program ini kita harapkan dapat meningkatkan kualitas diri kaum perempuan hingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan kesehatan.

Perempuan di Kabupaten Bantul harus semakin nyata tampil di garda terdepan dalam menentukan dan mewarnai perubahan pembangunan di Kabupaten Bantul." harapnya. (ang)

Sumber : www.bantulkab.go.id

Komentar atas Evaluasi P2-WKSS Desa Tirtonirmolo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License