Realisasi anggaran pendapatan belanja Kalurahan Tirtonirmolo 2022

Administrator 28 Maret 2023 09:52:53 WIB

Realisasi anggaran pendapatan belanja Kalurahan adalah untuk memberikan informasi yang akurat dan transparan mengenai penggunaan anggaran yang diterima oleh Kalurahan dari pemerintah pada tahun anggaran tertentu. Laporan tersebut memberikan informasi tentang pengeluaran yang telah dilakukan, dan sejauh mana pengeluaran tersebut berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan.

Dalam konteks Kalurahan, laporan pertanggungjawaban realisasi anggaran pendapatan belanja penting dilakukan karena:

  1. Memberikan informasi yang akurat tentang penggunaan anggaran Kalurahan kepada pihak yang berkepentingan seperti pemerintah, DPRD, masyarakat dan lembaga pengawas keuangan lainnya.

  2. Meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan Kalurahan, sehingga dapat meminimalkan risiko penyalahgunaan anggaran.

  3. Mendorong transparansi dan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan program kegiatan Kalurahan.

Dasar aturan pelaporan pertanggungjawaban realisasi anggaran pendapatan belanja Kalurahan diatur oleh peraturan perundang-undangan terkait seperti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Selain itu, ketentuan-ketentuan lebih lanjut juga dapat diatur dalam peraturan daerah atau peraturan kepala daerah yang berlaku di masing-masing Kalurahan. Pelaporan pertanggungjawaban realisasi anggaran pendapatan belanja Kalurahan biasanya diwajibkan untuk dilakukan setiap akhir tahun anggaran atau paling lambat pada awal tahun berikutnya.

Komentar atas Realisasi anggaran pendapatan belanja Kalurahan Tirtonirmolo 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License