Nyadran

Administrator 14 Maret 2023 16:09:37 WIB

Dua kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Bangsal Makam Umum Karno Asmoro Jogonalan pada tanggal 12 Maret 2023 dan 13 Maret 2023. Kegiatan pertama adalah dedongo puji tahlil untuk para leluhur yang dilaksanakan pada hari Ahad, 12 Maret 2023 pukul 20.00 WIB. Sedangkan kegiatan kedua adalah Nyadran yang dilaksanakan pada hari Senin, 13 Maret 2023 pukul 12.00 WIB.

Pada kegiatan dedongo puji tahlil, para peserta berkumpul untuk memuji dan mendoakan para leluhur. Hal ini merupakan tradisi yang dilakukan dalam rangka menghormati dan mengenang leluhur yang telah meninggal. Kegiatan ini dihadiri oleh dukuh Jogonalan Kidul, dukuh Jogonalan Lor, sesepuh, ketua RT dari kedua padukuhan, pengurus makam umum Jogonalan dan warga dari kedua Padukuhan.

Sementara itu, pada kegiatan Nyadran, para peserta berkumpul untuk berdoa bersama dan menaburkan bunga untuk leluhur. Kegiatan ini dilakukan dengan tema pengurus makam memakai pakaian jawa untuk nguri-nguri budaya jawa. Kegiatan ini juga dihadiri oleh dukuh Jogonalan Kidul, dukuh Jogonalan Lor, sesepuh, ketua RT dari kedua padukuhan, pengurus makam umum Jogonalan, dan warga dari kedua Padukuhan.

Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Bangsal Makam Umum Karno Asmoro Jogonalan dan dihadiri oleh banyak peserta. Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan pengenangan terhadap leluhur yang telah meninggal serta sebagai upaya melestarikan budaya jawa. FR

 

 

Komentar atas Nyadran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License