Belum Diresmikan, BUMDes Desa Tirtonirmolo Ini Miliki Kekayaan Rp 11 Miliar

01 Februari 2017 15:21:24 WIB

Usaha Ekonomi Desa Simpan  Pinjam (UED-SP) Sedya Makmur didirikan oleh kelompok usaha dan masyarakat Desa Tirtonirmolo pada tanggal 10 September 1988 dengan modal awal Rp 1.000.000.

Beralamat di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, kelompok usaha ini diketuai oleh Sumardal di bawah tanggung jawab Pemerintah Desa Tirtonirmolo.

Kepala desa setempat sekaligus sebagai penasihat, HM. Marwan, MS menuturkan (20/12/2016), “Pada bulan Januari 2017 baru akan diresmikan menjadi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) karena selama ini terkendala oleh PERDA. Hingga saat ini kekayaan mencapai Rp 11 miliar dengan jumlah 1000 anggota.”

Dengan bunga yang rendah memungkinkan kelompok simpan pinjam ini bisa lebih berkembang. “Syarat bagi peminjam adalah telah menjadi anggota, sementara di luar keanggotaan boleh menginvestasikan modalnya, peminjam juga tetap dapat memakai agunan walaupun telah masuk sebagai anggota,” lanjutnya.

Adapun jika meminjam dengan tujuan untuk keperluan sarana kepentingan umum maka tidak dikenakan beban bunga, lain halnya jika untuk keperluan perorangan. Komunitas  masyarakat Desa Tirtonirmolo sebagian besar adalah kelompok pengusaha menengah hingga pengusaha besar.

Sumber : http://jogja.beritainternusa.com

Komentar atas Belum Diresmikan, BUMDes Desa Tirtonirmolo Ini Miliki Kekayaan Rp 11 Miliar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License