Pandemi belum berakhir warga Tirtonirmolo di minta Waspada DBD

Administrator 27 Oktober 2020 11:02:26 WIB

BANTUL,Tirtonirmolo Pesan Carik Desa Tirtonirmolo Desiana Kurnia Sari S.Farm, menghadapi musim hujan yang sudah mulai hadir untuk meningkatakan kewaspadaan menghadapi potensi bahaya berupa Demam Berdarah Demam Berdarah Dengue yang merupakan ancaman tahunan.

Saat pandemi COVID-19 belum menunjukkan tren penurunan, warga Bantul harus mewaspadai potensi merebaknya demam berdarah dengue (DBD). Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyampaikan, agar masyarakat semakin waspada dengan potensi meningkatnya kasus DBD di wilayahnya. "Tanpa melupakan perhatian pada pengendalian penyakit lain, saat ini kasus demam berdarah dengue (DBD) yang tercatat di Bantul sampai dengan Akhir September 2020 adalah 1085 kasus "Secara umum trend perkembangan kasus DBD menurun sejak bulan Juni," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul, dr Sri Wahyu Joko Santoso, atau biasa disapa Oki, Selasa(13/10/2020)

jumlah kasus terbanyak ada di kecamatan Bantul dengan 131 Bantul. Terendah di kecamatan Dlingo 14 kasus. Bulan Januari sampai akhir April, saat itu tercatat ada 726 kasus. Kemudian, menurut Oki, bulan Mei dalam satu bulan ada 123 kasus dan Juni 85 kasus. "Kami sampaikan kepada masyarakat agar selama wabah COVID-19 ini tetap melakukan pemantauan dan pemberantasan tempat-tempat perindukan nyamuk, dengan melakukan 3 M (menguras, menutup dan mengubur)," ujarnya. Pria yang akrab disapa Oki ini menyebutkan, tahun lalu angka kasus DBD di Bantul mencapai 1.424 kasus. Ia memprediksi, tahun 2020 adalah siklus lima tahunan dari DBD sehingga ada kekhawatiran kasusnya akan meningkat. Pihaknya berharap, masyarakat wajib waspada namun tak perlu panik. Selain itu, tetap menjaga jarak dalam berinteraksi dengan sesama, selalu memakai masker bila di luar rumah dan cuci tangan pakai sabun setelah berkegiatan, sebelum dan setelah makan agar terhindar dari penyakit atau virus. "Dan yang penting juga patuhi anjuran pemerintah agar tidak mudik dan bepergian keluar kota, pantau kesehatan sendiri dan keluarga," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul tersebut. 

diolah dari beberapa sumber

Ilustrasi Foto Saiful Antana

Komentar atas Pandemi belum berakhir warga Tirtonirmolo di minta Waspada DBD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License