Pelatihan Ecoprint untuk ibu ibu PKK Desa Tirtonirmolo

Administrator 23 Januari 2020 14:32:53 WIB

Tirtonirmolo, - Pemerintah Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta memanfaatkan Dana Desa untuk memberikan pelatihan keterampilan membatik ecoprint kepada warga. Keahlian membuat ecoprint diharapkan bisa meningkatkan perekonomian mereka dan desa.

Pelatihan digelar Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di balai desa Tirtonirmolo, Jumat (17/1). Peserta pelatihan yang berjumlah 36 orang merupakan para ibu rumah tangga. Mereka terlihat antusias mengikuti pelatihan yang baru pertama kali digelar tersebut.

Dalam pelatihan itu, warga diajari teknik membuat pola dan memberi warna pada sebuah kain menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan. Di antaranya bunga, daun, batang, dan akar.

Ketua PKK Desa Ibu Marwan mengatakan, peserta pelatihan sebelumnya tidak mengetahui apa itu ecoprint. Untuk itu, pelatihan digelar dengan mendatangkan langsung perajin ecoprint dari Para Mahasiswa Institut Seni Indonesia. "Supaya pelatihannya benar-benar dipahami oleh ibi-ibu, ada dua pelatih. Mereka adalah perajin ecoprint yang sudah lama menggeluti dunia tersebut,".

Menurutnya, pelatihan tersebut merupakan program pemberdayaan yang menggunakan anggaran Dana Desa. Setelah mendapat pelatihan, peserta diharapkan memiliki keterampilan membuat ecoprint dan bisa mendapat pendapatan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

"Harga ecoprint cukup lumayan mahal. Jadi setelah ibu-ibu bisa atau terampil membuat ecoprint dapat dijual dan menambah pendapatan. Saya ingin ibu-ibu di sini beda dan lebih maju," harapnya.

terus membuat ecoprint. Peserta pelatihan ini memang digelar untuk ibu-ibu anggota PKK dulu. Harapannya nanti mereka bisa menularkan ilmu yang didapat ke ibu-ibu lain," tuturnya.

Salah satu peserta pelatihan, Retno (45) mengaku senang dan antusias dengan pelatihan ecoprint. Sebab sebelumnya belum pernah diadakan. "Seringnya itu pelatihan membuat kue kering, itu sudah biasa. Ini baru pertama kali. Teknik ini juga mudah diterapkan di rumah. Selain itu juga hemat, efisien dan ramah lingkungan," ucapnya.

 

Komentar atas Pelatihan Ecoprint untuk ibu ibu PKK Desa Tirtonirmolo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License